Nabung Emas

Bicara soal investasi, awal kerja setelah lulus kuliah, saya sama sekali nggak bisa nabung, bles uangnya habis nggak ada sisa. Mungkin masih euphoria bisa punya duit sendiri kali yah, jadi tiap gajian, isinya hedon mulu. Hahaha…

Tapi, semakin lama, saya semakin sadar. Sudah saatnya bertaubat dan meninggalkan hedonisme. Jadilah saya mulai ‘melek’ investasi.

Alhamdulillah, kemarin ada rezeki saya sempat beli emas. Rencananya untuk invest jangka panjang atau menengah, diatas 3 tahun lah. Karena memang fungsi emas itu sebagai pelindung aset. Tapi ternyata umurnya gak sampai 3 tahun.. Hahaha..

Penginnya sih, saya mau beli emas lagi, tapi uang belum terkumpul. Sempat juga sih, cek beberapa bank yang punya produk kredit emas Antam, tapi entah kenapa saya kurang tertarik. Saya lebih suka beli potongan emas lokal-an yang biasa dijual di toko emas. Tapi bukan yang perhiasan lho ya. Yang emas murni tapi standar lokal.

Ada plus minusnya sih kalau ingin investasi emas lokal.

Minusnya dulu (menurut saya)..

1.       Tidak ada sertifikat resmi.  Jelas lah, adanya hanya jaminan bukti surat keterangan dari toko saja.

2.       Bentuk emasnya nggak menarik. Namanya juga potongan-potongan emas, pasti bentuknya nggak beraturan.  Beda dengan perhiasan yang cantik dan enak dilihat atau dengan emas standar luar Antam yang ada cap Antam-nya.

3.       Kadarnya berbeda dengan emas standar luar, seperti Antam. Kalau emas lokal kadar kemurniannya 99,2% – 99,8%, sedangkan emas standar luar 99,9%.

Nah, kalau plus nya :

1.       Bisa dipakai seperlunya. Maksudnya, misal nih kita punya emas 100 gr, tapi berupa potongan-potongan kecil. Ada yang 3 gram, 5 gram, 10 gram, pokoknya ketika diakumulasi jadi 100 gr. Kita bisa pergunakan atau jual ketika kita butuh, tanpa kita jual semuanya. Pas butuh uangnya nggak terlalu banyak, yang tinggal dijual aja yang potongan berat 3 gr.

2.       Harganya jelas lebih murah, karena hanya dikenai jasa dari tokonya saja.

3.       Selain itu, selisih jual belinya juga gak terlalu besar, antara 1% – 2%. Kalau emas standar luar, bisa 3%-8% tergantung beratnya.

Tambahan info untuk yang tinggal di Malang, ada toko emas yang selalu update harga emas tiap hari disini. Jadi bisa memantau dengan mudah.

Yang ingin tahu bentuk emas murni lokal seperti apa, nanti ya. Kalau sudah beli, saya foto deh. Hehehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s