Siapa bilang dia cuek?

Sebagai salah satu pekerja (internship) di sebuah media massa lokal Malang, saya mengisi sebuah halaman dari koran tersebut yang berjudul Xpresi M-Teens. Halaman ini bukan halaman yang berisi fakta dan peristiwa aktual. Bukan halaman yang memuat berita 5W1H. Xpresi M-Teens adalah halaman yang dikhususkan untuk membidik pembaca dari siswa SMA dan SMP [itulah kenapa ada embel-embel ‘Teens’].

Kadang semakin lama saya semakin bosan mengisi halaman ini. Stagnan. Itu-itu saja. Tidak ada tantangan seperti wartawan asli yang mencari berita asli. Bukan berarti berarti Xpresi M-Teens tidak asli, tapi hanya terasa kurang asli. Akibatnya, saya tidak lagi excited dengan pekerjaan ini. Tidak lagi menganggap ini kesenangan, tapi hanya kewajiban yang kudu dikerjakan. No heart feeling.

Sampai suatu saat, Redaktur M-Teens meminta M-Teens Crew [penanggung jawab halaman Xpresi M-Teens, terdiri dari 4 orang, termasuk saya] untuk rapat. Dalam meeting itu, redaktur saya memaparkan banyak hal, terutama pesan yang disampaikan oleh Dirut koran kami. Halaman yang kami garap ternyata diperhatikan oleh beliau. Pak Dirut yang kelihatannya cuek, nggak perhatian, tapi ternyata selalu membaca tulisan kami.

  • Xpresi M-Teens yang saya pikir tidak penting, ternyata penting di mata beliau.
  • Xpresi M-Teens yang saya pikir halaman sekedarnya, ternyata salah satu harapan dari beliau.
  • Xpresi M-Teens yang saya pikir tidak mungkin beliau bahas dalam rapat bulanan, ternyata masuk dalam bahasan rapat beliau.
  • Xpresi M-Teens yang saya pikir hanya project main-main, ternyata salah satu project jangka panjang beliau.

Oalah, Pak, sampai segitunya perhatian Bapak,” batin saya setelah tahu hal tersebut.

Jadi malu sendiri, akhir-akhir ini saya kerja rada setengah-setengah. Ya karena passion yang semakin menurun itu. But, never mind. Semangat saya sudah kembali lagi gegara pembicaraan itu. Fakta baru lagi, ternyata Xpresi M-Teens punya banyak ‘kewajiban’ yang kudu direalisasikan tahun ini. Pelan-pelan, learning by doing lah. Dan intinya pekerjaan saya [kami, M-Teens Crew] jadi bertambah. Semakin banyak, semakin berat, semakin menarik dan semakin menantang tentunya.

Tantangan semakin banyak di depan. Akan banyak waktu, energi dan pikiran yang tersita. Let’s take the challenge!

Advertisements

10 thoughts on “Siapa bilang dia cuek?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s