Thank You, Alloh

Apapun yang di dunia ini pasti berubah pada masanya. Berubah itu bisa macam-macam. Tapi apapun perubahan itu pasti menuju kepada kebaikan. Perkara perubahan yang terjadi itu sesuai harapan atau tidak, untuk itulah manusia diberi akal.Supaya kita bisa berpikir dan merenungi bahwa semua yang Alloh beri itu adalah BAIK.

Mau menyalahkan manusia juga, apalah kita ini. Hanya makhluk kecil yang gak berdaya apa-apa tanpa Tuhan-nya. Dia pemilik skenario hidup. Jalani saja.Tidak ada usaha yang sia-sia. Tidak ada doa yang sia-sia. Ketika Alloh belum memberi apa yang kau mau, bukan berarti usahamu  tidak ada artinya.

Mari terus meminta, Mari terus berusaha, Mari terus  bersabar. Bisa jadi ketika Alloh sudah berkata ‘ya’ dan menurunkan nikmat-Nya yang bertubi-tubi, kita hanya bisa terdiam karena bahagia.

Terimakasih dear Alloh, atas segala hal.. Atas kelapangan hati ini.. Atas ketegaran hati ini tentang apapun yang harus saya hadapi.. Atas kekuatan hati ini, sehingga makian, umpatan, kekecewaan mampu tertahan dengan baik dan tidak sampai terucap.. Atas akal sehat ini, sehingga saya tetap bisa berpikir bahwa segala hal di dunia ini dalam aturanMu.

Mari tetap tegakkan kepala.Berjalan dengan tegap.. Katakan selalu dalam hatimu.. Innallaha Ma’ana..

Maros, 10 Mei 2016

 

Recognition

Jangan tanya bagaimana hati ini jatuh tepat di kamu. Yang aku tahu, Alloh sudah atur hidupku sedemikian rupa. Dia pun sudah atur dimana hati manusia seharusnya berlabuh.

Kemarin aku merasa hatiku sudah memilih tempat berlabuh terbaiknya. Namun ternyata, pada akhirnya pilihan Alloh lah yang berjalan. Itu belum yang terbaik. Ada ‘dermaga’ lain yang paling baik untukku.

Tidak ada kebetulan yang terjadi di dunia ini. Kita sepakat dengan ini kan?

Alloh pasti punya alasan mengapa Dia ‘memaksa’ ku meletakkan hatiku di kamu. Tanpa takut akan jarak, tanpa takut akan apa yang terjadi di depan nanti. Bahkan dengan lantang aku berani bilang, #sayatidaktakut.

Kadang aku kesal. Kesal dengan sikap hati-hati mu yang berlebihan. Kesal dengan ketakutan tentang apa yg mungkin saja terjadi nanti. Bisa kah kamu memandang hidup lebih sederhana?

Hidup tidak untuk ditakutkan, bung. Hidup untuk dijalani. Tengadahkan kepalamu ke langit, tapi tetap pijakkan kakimu ke bumi. Ini yang orang bilang membumi dan ini yang aku sebut tawakkal.

Porsimu hanyalah menjalani hidup dengan semampu mu. Jalani kewajibanmu. Itu saja, simple kan?

Tak banyak yang bisa aku tawarkan untukmu. Kemarikan saja tanganmu, akan kugenggam erat. Apa yang ada di depanmu nanti, akan ada di depanku juga. Hadapi sama-sama yuk. Aku siap berjuang bersamamu dengan energiku, doa-doaku, semangatku. InsyaAlloh ya..

Obat Galau Paling Manjur

Ada kalanya kenyataan tidak berbanding lurus dengan keinginan. Ketika hal itu terjadi, muncullah rasa seperti galau, kecewa, baper, rasa duka lainnya. Wajar aja sih. Bukan manusia namanya kalo gak ngerasain ribetnya urusan hati. Tapi, sebagian besar kita, kalo lagi kumat galaunya, terkadang suka lari ke hal-hal yang gak bermanfaat.

Ada yang lari ke mall buat shopping ngalor ngidul, ada yang lari ke temen-temen sambil nongkrong sampe larut, yang kelewatan ya kalo jatuh ke miras sama narkoba. Bisa parah itu, entah malah kecanduan, tubuh rusak, masa depan jadi gak karuan. Naudzubillah mindzalik.

Cari obat galau, guampang buanget, tumpahkan semuanya ke Alloh. Nyari Alloh, lebih gampang daripada nyari temen. Gak perlu sibuk ngelobi ngajak keluar habisin waktu, gak perlu sibuk bbm, whatsapp dan nunggu balesan. Habis curhat ke temen juga belum tentu tenang. Ya gak? Cari yang pasti-pasti aja lah, mbak, mas..

Kalau udah maksimal nih baper- nya, monggo lari ke masjid, ambil wudhu, trus sholat. Setelah itu, habisin waktmu dengan membaca Al-Qur’an, dzikir, atau curhat sama Alloh sepuasmu, secapekmu.

Coba aja praktekin, kamu pasti bakal :

  1. Nangis sesenggukan tanpa kamu sadari, dan itu mengalir begitu saja.
  2. Langsung ngerasa kangeeeeeen banget sama Alloh, dan hati berasa di puk puk.
  3. Secara gak sadar pula, bibir kita bungkam, gak bisa curhat karena sibuk nangis. Tapi meskipun begitu rasanya lebih lega dari pada kita meluapkan curhatan ke temen.
  4. Selesai nangis, hati langsung plong. Gak ada lagi beban dan yakin Alloh bersama kita.

Kalau kamu bisa praktik 4 hal diatas, itu artinya kamu super. Efek kayak gini mahal, kakak. Ini pintu menuju kedekatan dengan Alloh. Berusahalah memasuki pintu itu dengan istiqomah ibadah. Dengan begitu kita menjadi dekat. Kalau sudah dekat Alloh, minta apa aja insyaAlloh dikasih. Gulung-gulung dah kita saking bahagianya.

Bukankah lebih baik punya hati yang bahagia dengan apa yang kita punya?

Bukankah lebih baik punya hati yang yakin bahwa Alloh selalu bersama kita?

Bukankah lebih baik punya hati yang percaya bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita pasti punya maksud dan itu yang terbaik dari Alloh?

Punya hati yang kayak gini, priceless!

Jangan Remehkan Doa

Al-Imam As-Syaafi;i rahimahullah berkata : Apakah engkau mengejek doa dan menyepelakannya?

Tahukah engkau apa yang bisa diperbuat oleh doa?

Anak panah yang dilepaskan malam hari, tidak akan meleset, akan tetapi, anak panah tersebut ada waktunya atau tempo untuk mengenai, dan setiap waktu pasti ada akhirnya.

Jangan pernah meremehkan doa, ia adalah senjata kaum sholihin. Bahkan senjata para Nabi ‘alaihim as -salaam.

Angkatlah kedua tanganmu, mintalah kepada Rabb mu.

Amalan Enteng Tapi Masya Allah

Assalamu’alaykum wr.wb

Berikut ini ada beberapa amalan enteng tapi masya Allah :

 

Amalan Enteng Tapi MasyaAllah bag.1

Jangan ampe enggak, baca subhaanallaahi wabihamdih, 100x sehari.Sempetin.

Kalo perlu biasain, bikin daftar absen sendiri. Sebab yang enteng ini, kalo ga ada hidayah Allah, taufiq dari Allah, bisa-bisa lewat kita gak ngerjain.

Kalo kita baca ini : Subhaanallaahi wabihamdih (Maha Suci Allah, dan Segala Puji Bagi-Nya) 100x, dosa kita dihapus sehapus-hapusnya. MasyaaAllah kan?…

Sedangkan yang bikin kita diantaranya, jadi sulit rezeki, susah hidup, banyak bala, banyak masalah, penyakitan, miskin, adalah dosa.

Yaaah, walaupun ada juga orang yang diuji dengan semua itu, namun rasanya orang sekarang, banyak yang sebab dosa jadi pada susah, sulit, menderita.

Maka, baca bacaan ini efektif sekali.

 

Amalan Enteng Tapi MasyaaAllah bag.2

Laa hawla walaa quwwata illaa billaah

Baca ini wirid. Sehari 100x dah atau 300x, anti galau he hehe, anti susah.

Hajat juga gampang kekabulnya.

Seorang bapak, ketemu saya sambil berkaca-kaca matanya. Beliau mengaku sebel sekali ngeliat anaknya yang ga kunjung bekerja, padahal udah lulus lama.

Pas denger saya bilang tentang wirid “laa hawla walaa quwwata illaa billaah ini, beliau baca sepenuh hati sepenuh harap. 100-300x, kemudian beliau berdoa. Ga sampe 2 pekanan, kalo ga salah, di istiqomahin, anaknya bekerja. Dan beliau berpesan ke anaknya, jangan ampe ditinggal.

Nama lain wirid ini : Hawqolah.

Melambangkan ketidakberdayaan di hadapan Allah. Bagus untuk menenangkan pikiran, perasaan, kepenatan.

Selamat mencoba yaaa, disiplinin loh, jangan sekali kali doang bacanya.

 

Amalan Enteng Tapi MasyaaAllah bag.3

Ucapan astaghfirullah, juga merupakan amalan enteng, mestinya. Tapi emang kalo ga ada kehendak Allah, repot kita. Bisa jadi kita ini ga dikehendaki Allah buat baca istighfar. Sebab kalo udah istighfar, ya diampuni. Sebanyak apapun dosa kita.

Namun ya begitu, segitu entengnya, bisa-bisa kita ga boleh baca sama Allah, sebab ga dikehendaki. Na’uudzubillaah dah, jangan sampe begitu.

Makanya, biasain baca. Sekurang-kurangnya 70 apa 100x gitu sehari.

 

Amalan Enteng Tapi MasyaaAllah bag.4

Amalan yang ke-4 yang enteng dibaca, yakni shalawat. Ga maen-maen juga balasannya, fadhilahnya, keutamaannya.

Banyak banget saya kupas atas izin Allah tentang shalawat ini.

Shalawat ini amalan Allah dan para Malaikat. Ya, Allah dan paraMalaikat, bershalawat kepada Nabi Muhammad.

MasyaaAllah kan? Luar biasa. Kalo kita mau sukses, nyontoh yang dilakukan orang-orang sukses.

Nah ini, lebih daripada amalan orang sukses.

Ini amalannya Allah dan para Malaikat-Nya. Ga tanggung-tanggung kan?

Amalin dah. Shalawat juga sekurang-kurangnya 100x. jangan pelit-pelit.

Shalawat yang paling ringan : Allaahumma shallii ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad.

Disiplin juga ngamalinnya.

====================

NOTE : dikutip dari tulisan Ust. Yusuf Mansur, Wisata Hati. Semoga kita bisa istiqomah melakukannya. Amiiin.🙂

 

Partner Hidup

Perempuan dewasa muda kalau ditanya soal menikah pasti langsung semangat. Apalagi yang sudah punya pasangan. Kalau didoain? Pasti ‘amiiin’ nya paling kenceng dan paling khusyuk. Hahahaha. Gak jauh beda lah sama saya. #ups

Menikah itu sendiri saya analogikan seperti sebuah project yang punya jangka waktu tidak terbatas. Untuk menjalankan project ini, seseorang nggak bisa sendirian. Butuh partner. Disini, saya lebih suka mengganti kata suami dengan kata partner hidup.

Untuk menentukan ‘partner’ ini, Alloh sudah menunjukkan caranya. *silakan dibuka Qur’an masing-masing ya* Hehehe… Intinya, carilah pasangan yang agamanya baik dulu dan sudah dijelaskan pula, perempuan baik-baik untuk lelaki baik-baik begitu pula sebaliknya.

Namanya juga project ‘selamanya’, otomatis partner yang dibutuhkan harus sebaik-baiknya sesuai kita. Sesuai dengan tujuan yang kita pasang. Kalo tujuan, visi dan misi sudah sama, bisa dipastikan pasti jauh lebih mudah mengarahkan pernikahan tersebut. Tinggal atur strategi. Misal strategi A gagal, ya strategi B, pokoknya tujuan harus tercapai.

Salah satu tujuan saya ingin menikah adalah karena ibadah. Menikah berarti menyempurnakan separuh agama, menikah berarti menjalankan sunnah Rasulullah. Senang kan rasanya kalau punya partner yang tiap malam bisa diajak tahajud bareng, ngaji bareng, susah bareng, ngobrol bareng, apalagi masuk surga bareng. InsyaAlloh… Amiiiin…

Makanya, kalau lagi melihat pasangan muda yang baru menikah, yang ada dibenak saya adalah doa. Doa untuk saya dan mereka. Semoga pernikahan mereka langgeng dan berkah, semoga saya bisa seperti mereka.

Setiap melihat ibu muda menggendong anaknya, yang ada di benak saya juga doa. Doa untuk dia dan untuk saya. Pasti luar biasa ya rasanya menjadi seorang ibu. Kalau sudah punya anak nanti, insyaAlloh saya geber agamanya, semoga bisa jadi hafizh Qur’an, bisa menegakkan agama Alloh, bisa mengangkat derajat bapak ibunya di dunia dan di akhirat. Amiiin.. *belum punya anak tapi doa buat calon anak sudah seabrek* Hehehehe.. Nggak apa2. Buat tabungan doa.

Semoga Alloh memudahkan siapapun yang ingin menikah, yang baca postingan ini, yang gak baca juga dimudahkan. Mari saling mendoakan karena doa akan kembali lagi kepada yang mendoakan.